Pentingnya Minyak Goreng Sawit untuk Kesehatan

Spread the love

Minyak goreng merupakan kebutuhan pokok setiap rumah tangga yang digunakan untuk menggoreng atau memasak. Memasak menggunakan minyak goreng akan membuat masakan terasa lebih gurih. Maka dari itu, hampir di setiap dapur rumah sudah tentu tersedia minyak goreng.

Minyak goreng yang banyak dipakai adalah minyak goreng yang dibuat dari buah kelapa sawit. Indonesia merupakan negara produsen kelapa sawit terbesar yang ada di dunia dan juga negara eksportir minyak sawit terbesar. Total ada lebih dari 46 ribu komoditas minyak kelapa sawit.

Sementara Malaysia menjadi produsen terbesar kedua. Perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia terletak di dua pulau yaitu Kalimantan dan Sumatera. Ada puluhan ribu hektar perkebunan sawit yang berlokasi di Sumatera dan Kalimantan.

Hampir sebagian besar minyak goreng yang beredar di pasaran merupakan minyak goreng sawit. Alasannya karena minyak goreng sawit memiliki harga yang lebih terjangkau daripada minyak lainnya.

Selain harga, minyak goreng sawit juga memiliki keunggulan dimana saat proses penggorengan cukup stabil, bebas lemak trans, tidak menimbulkan rasa dan juga tidak menimbulkan bau ketika menggoreng menggunakan minyak goreng sawit. Cita rasa yang dihasilkan juga meningkatkan rasa gurih pada masakan.

Selain itu, kelapa sawit juga tidak hanya diolah menjadi minyak goreng, tetapi juga digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik, pasta gigi, sabun, pelumas, lilin dan juga tinta.

Tahukah kamu? Ternyata minyak goreng sawit memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun perlu diingat, penggunaan dan konsumsi juga tidak boleh berlebihan, karena dapat juga mengganggu kesehatan tubuh. Kelapa sawit diketahui sebagai tanaman yang baik untuk kesehatan otak.

Manfaat Minyak Goreng Sawit untuk Kesehatan Tubuh

Minyak goreng sawit memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Selain itu kelapa sawit juga memiliki kandungan vitamin baik itu vitamin A maupun E, serta antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat minyak goreng sawit bagi kesehatan tubuh:

  • Menangkal radikal bebas

Minyak goreng sawit memiliki kandungan antioksidan dan ketika dikonsumsi dapat menangkal radikal bebas yang dapat memicu berbagai macam penyakit dan merusak sel. Antioksidan merupakan senyawa yang berguna untuk mencegah dan juga memperbaiki kerusakan sel di tubuh manusia, khususnya akibat paparan radikal bebas.

  • Memperkuat imun

Minyak goreng sawit bisa memperkuat imun dalam tubuh karena kandungan vitamin E yang ada pada tumbuhan kelapa sawit. Vitamin E tersebut dapat membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat sehingga dapat mengurangi resiko terserang penyakit khususnya penyakit yang disebabkan oleh virus maupun kuman.

  • Baik untuk kesehatan otak

Ada sebuah studi yang mengatakan bahwa dalam kelapa sawit mengandung tocotrienol yang merupakan bagian dari vitamin E yang berfungsi untuk menjaga kesehatan otak. Mengonsumsi minyak goreng sawit dapat meminimalisir resiko demensia dan juga stroke. Selain itu, tocotrienol juga dapat mencegah terjadinya pertumbuhan tumor otak.

  • Mengatasi masalah kekurangan vitamin A

Sebuah studi mengungkapkan minyak kelapa sawit apabila ditambahkan kepada anak maupun ibu hamil bisa mengatasi masalah kekurangan vitamin A. Ada juga jenis kelapa sawit merah atau (RPO) red palm oil yang diklaim setara dengan suplemen vitamin A.

  • Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan antioksidan dalam kelapa sawit yaitu oil palm phenolics bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Mengonsumsi minyak goreng sawit baik untuk kesehatan jantung, tetapi dengan takaran yang tidak berlebihan.

  • Baik untuk kesehatan mata

Minyak goreng sawit mengandung beta karoten yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Kelapa sawit juga bisa memulihkan penyakit mata seperti katarak karena kandungan beta karoten dan juga antioksidan.

  • Baik untuk ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan vitamin A, E, D dan K yang keseluruhannya ada dalam kelapa sawit. Dengan mengonsumsi minyak sawit, maka janin akan lebih sehat karena kebutuhan akan vitamin tercukupi.

Minyak goreng sawit merupakan minyak goreng yang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk memasak. Harga terjangkau, serta membuat cita rasa gurih pada masakan dan tidak memiliki rasa yang dominan membuat minyak goreng sawit banyak digunakan.

Kandungan nutrisi yang ada dalam buah kelapa sawit juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Namun mengonsumsi minyak goreng sawit tidak dianjurkan secara berlebihan atau diminum langsung. Cukup dengan menggunakan minyak goreng sawit ketika memasak sudah bisa dikatakan sebagai mengonsumsi.

Gunakan minyak goreng sawit sekali pakai, atau tidak menggunakan kembali minyak yang sudah pernah dipakai. Karena minyak yang digunakan secara berulang kali, vitamin yang terkandung akan mengalami penyusutan dan menyisakan asam lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Minyak jelantah atau minyak yang dipakai berulang kali memiliki ciri-ciri berwarna kuning gelap dan kental yang mengandung asam lemak jenuh dapat mengakibatkan penyakit seperti stroke dan jantung.